Kamis, 07 Oktober 2010

ASAL MULA ANGPAO

Imlek adalah hari raya paling penting bagi orang China, atau keturunan Tionghua di seluruh dunia. Ada banyak kebiasaan yang dilakukan sewaktu Imlek, antara lain, Main kembang api atau petasan, ke rumah sanak saudara, dan yang paling dinanti oleh anak-anak, yaitu bagi-bagi Angpao.

Tidak hanya orang Tionghua yang mengenal Angpao, di hari raya Idul Fitri, orang-orang yang beragama Islam pun punya tradisi bagi-bagi Angpao, cuma bedanya yang 1 pake amplop merah, 1 nya lagi amplop putih. Tapi apakah kalian tau Angpao itu bagaimana datangnya?

Ada beberapa versi cerita tentang Angpao,yang paling terkenal adalah cerita tentang “Sui”. Dahulu kala, ada siluman berbadan hitam bertangan putih yang bernama “Sui”, Setiap malam imlek dia selalu keluar mengganggu manusia. Hanya dengan membelai kepala anak kecil yang sedang tertidur, maka anak itu anak sakit. Orang-orang takut “Sui” datang menggangu anak mereka, maka mereka menyalakan lampu dan tidak tidur. Di kota Jia Xing,ada sepasang suami istri, mereka sudah tua, dan hanya punya seorang anak, mereka takut “Sui” datang mengganggu anak mereka. Suami istri itu memaksa anaknya bermain sampai malam, sang anak bermain-main dengan uang logam, lalu memasukannya ke dalam amplop merah, menaruhnya di samping bantal kepala sampai akhirnya tertidur. Tengah malam, “Sui” datang, ketika Ia hendak membelai kepala sang anak, dari samping bantal terlihat seberkas cahaya, “Sui” berteriak ketakutan dan akhirnya kabur. Orang tua sang anak melihat kejadian ini, lalu memberitahu orang-orang di kampung kalau “Sui”takut dengan uang logam yang dimasukan ke dalam amlop merah, orang-orang akhirnya mengikuti kata sepasang suami istri itu, menaruh uang logam yang sudah dibungkus disamping bantal, sejak saat itu, “Sui” tidak berani menggangu anak-anak lagi. Kenapa begitu? Karena ternyata uang logam itu adalah jelmaan dewa, sang dewa membantu anak-anak mengusir “Sui”. Maka itu orang-orang menyebut uang logam itu “Ya Sui Qian” (压祟钱). Dalam bahasa mandarin,pelafalan 祟(Siluman Sui) dan 岁(usia) sama,maka sekarang Angpao disebut juga “Ya Sui Qian” (压岁钱). Angpao tidak hanya diberikan untuk anak-anak,tetapi kepada orang yang sudah tua juga,karena “Ya Sui Qian” (压岁钱) arti dalam Bahasa Indonesia adalah uang penekan umur. Agar orang-orang yang sudah tua, umurnya tidak makin cepat bertambah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar